Minggu, 25 Maret 2012

[suara-konsumen-indonesia] Feedback via the

 

Nama*:jimmy bonary pardomuan
Alamat lengkap (email):jimmyjezzi@yahoo.com
Telephone:08176760606
Jenis posting*:Laporan (keluhan/ pengaduan)
Laporan/ Pengaduan*:Pelanggaran
Nama organisasi/ instansi*:air asia
Lokasi organisasi/ instansi*:jakarta
Laporan Anda*:Saya mau memposting surat saya kepada air asia yang ternyata mendapat balasan yang sangat menecewakan, saya harap kejadian ini hanya sampai saya saja, jikalau banyak dari anda juga mengalami hal yang mengecewakan kepada air asia maka saya rasa harus ada pembenahan terhadap air asia. Surat saya sebagai berikut :
"Saya mau mengajukan komplian dari pengalaman saya dan istri, yang sangat tidak menyenangkan ketika hendak kembali ke jakarta dari singapur, sebelumnya saya sudah melaporkan melalui call center airasia.
berawal dari delay penerbangan yg berlangsung 2x sehingga pesawat saya delay 2 jam lebih, dan dikarenakan delay yg lama maka saya harus keluar dari boarding room, karena saya diinformasi bahwa ruangan harus steril. setelah saya menunggu diluar dan diinformasikan bahwa pesawat sudah tiba makanya saat hendak memberikan paspor maka baru saya sadari bahwa tas saya hilang karena di curi orang. hasilnya adalah saya tidak boleh naik pada penerbangan QZ 7787. saya sempat beragumen dengan crew air asia bahwa saya harus naik pesawat tersebut dan kembali ke jakarta, dengan asumsi saya kalo mengurus paspor hilang di negara sendiri lebih mudah, tetapi crew air asia tidak memperkenankan saya masuk dan memberikan solusi yg cukup reasonable, yaitu saya diberikan tiket untuk keesokan harinya dengan tidak perlu memberikan biaya tambahan, tetapi saya memberikan argumen bahwa setelah tas saya kecurian saya tidak memiliki uang sama sekali ataupun kartu kredit tetapi crew tersebut berkata bahwa a! irlines akan membantu smua yang saya perlukan, dan akhirnya dengan alasan itu saya menjadi tidak kuatir. saya disuruh untuk melaporkan kejadian tersebut kepada bagian informasi bandara supaya di buatkan POLICE REPORT. setelah selesai semua laporan, saya menanyakan dimana kami akan tidur???dan pihak informasi bandara tidak tahu karena yg bertanggung jawab terhadap kami adalah airlines, akhirnya kami tidur dibangku bandara sampai pukul 6 pagi dengan informasi bahwa pihak air lines akan datang dan membantu segala kebutuhan kami (pada pukul 6 pagi). saya sangat kecewa karena crew air asia baru datang jam 7.30, dan ternyata yang dijanjikan akan membantu dan menyediakan segala yg kami butuhkan itu tidak terbukti, karena crew tersebut hanya mendampingin kami untuk membuat laporan ke imigrasi. saya berpikir lagi bahwa kalo bantuannya cuma sperti ini lebih mudah urusnya di jakarta, saya sempat menanyakan jam brp saya bisa terbang kembali ke jakarta???dan crewnya memberikan opsi jam ! 14.55 ato pada malam hari jam 20.30. saya berkata sama crew te! rsebut b ahwa jamnya harus pasti dikarena itu yg saya akan informasikan ke KBRI supaya mreka dapat meproses paspor kami dengan cepat,crew air asia mengatakan bahwa jika kami tiba dibandara maka jam 14.00 maka kami bisa naik penerbangan jam 14.55. saya kaget dan sempet kesal dikarenakan bahwa setelah semalam saya menginformasikan pada crew air asia bahwa saya tidak punya uang, ternyata mereka tidak menyediakan transportasi untuk kami mengurus paspor ke KBRI disingapur, hasilnya saya harus menunggu sampai 9.30 (menunggu dari jam 6 pagi ) untuk menelpon KBRI, untuk menanyakan apakah mereka punya tranportasi untuk kami. hasilnya adalah kami harus ke KBRI sendiri tapi untungnya salah satu crew air asia mau mengantarkan kami dengan mobil pribadinya ke KBRI, sehingga kami dapat mengurus paspor emergency. setelah melalui proses yg berat dan melelahkan dikarenakan kami tidak punya uang untuk mengurus paspor, yg kami pegang adalah bahwa jam 14.00 kami harus sampai bandara supaya kami bisa pul! ang ke jakarta, akhirnya pimpinan dari KBRI mau membantu pembuatan paspor kami dan memprosesnya sesuai permintaan kami dan FREE CHARGES. setelah sampai bandara jam 14.00 saya merasa lega karena bisa terbang pukul 14.55. tetapi saya mendapat informasi kalau penerbangan jam 14.55 sudah di closed. saya heran lagi dan menanyakan kepada crew air asia, " katanya kalo tiba di bandara jam 14.00 kami masih bisa terbang jam 14.55???kan jam ini yg saya pakai untuk mendesak KBRI spy paspor kami diproses dengan cepat " tetapi crew beralasan kalo sudah diclosed tidak bisa dibuka lagi. herannya lagi kami diberikan jadwal penerbangan pukul 17. 40, yg ternyata sudah di closed juga. saya sempat minta tolong kalo penerbangan pukul 17.40 yg di closed saja bisa di buka, kenapa tidak memasukan kami pada penerbangan pukul 14.55???saya sudah beralasan bahwa akan lebih baik kalo saya tiba dibandara soekarna - hatta secepatnya karena saya juga harus mengurus mobil saya yg diparkir dibandar! a dan saya pun kehilangan kunci mobil, stnk, tiket parkir. tet! api kami tetap diberikan tiket penerbangan pukul 17.40. dengan sisa waktu yg cukup byk saya meminta crew air asia untuk dapat melihat kamera CCTV spy kami tahu apa yang sebenarnya terjadi dan jika benar kami kecurian makanya dengan pasti kami bisa melihat orang yang mengambil tas kami, kami yakin smuanya bisa menjadi jelas karena di tempat kami duduk terdapat kamera di depan kami, ternyata security bandara menolak permintaan kami untuk melihat kamera CCTV semalam, kami merasa sebagai penumpang internasional dan berada dibandara internasional hak kami untuk diperlakukan dengan baik dan dilindungi secara hukum dan hak untuk mengetahui kebenaran telah diabaikan oleh bandara changi singapura . bahkan pada penerbangan 17.40 kami tetap mengalami DELAY, kami mohon kepada air asia untuk berempati kepada kami dikarenakan kerugian yg kami alami cukup besar bagi kami dan kami telah kehilangan baik waktu, materi bahkan tenaga kami. saya ingin air asia untuk membantu kami menemukan tas kami atau! pun memberikan kompensasi yang wajar untuk smua kejadian yg kami alami,adapun saya melampirkan POLICE REPORT, terima kasih "

Faktor - faktor untuk dipertimbangkan :

1. kami terlantar dengan tidur dibandara dan tidak diberikan akomodasi penginapan bahkan makanan ato minuman dari malam sampai sore hari.

2. Solusi dari air asia " kami akan membantu segala kebutuhan anda untuk keesokan harinya " TIDAK ADA karena kami tidak diberikan bantuan tranportasi dari air asia untuk mengurus paspor ke KBRI atau hak kami untuk mengetahui kebenaran untuk melihat kamera CCTV

3.delay yg terus terjadi ( sampai 3 kali dengan penerbangan yg berbeda ) dan tidak ada komitmen untuk mengerti keadaan penumpang. dan tidak bertindak cepat dalam masalah yang saya alami.



JIMMY BONARY



SURAT BALASAN dari air asia customer care

Kepada Yth Bpk Jimmy Bonary Pardomuan,



Terima kasih atas email yang telah anda kirimkan kepada Customer Care kami.

Dalam menanggapi email Anda mengenai kesulitan yang dialami pada saat check in untuk penerbangan Anda, kami mohon maaf untuk frustrasi Anda alami. Dan kami sepenuhnya memahami ketidaksenangan Anda dan ingin meminta maaf atas ketidaknyamanan yang anda alami.

( SETELAH MENGALAMI DELAY TERUS MENERUS DARI AIR ASIA DAN TIDAK ADA PERTANGGUNG JAWABAN DARI AIRLINES YG BERJANJI MENGURUS KAMI BAIK DARI PENGINAPAN DAN TRANPORTASI, MELAINKAN MEMBIARKAN KAMI TERLANTAR DIBANDARA DAN BAHKAN KAMI TIDAK DIBERIKAN MAKANAN ATO MINUMAN DARI MALAM HARI HINGGA SORE HARI YG AIR ASIA LAKUKAN CUMA MEMINTA MAAF )

Pada kesempatan kali ini, izinkanlah kami memberikan penjelasan kepada Anda bahwa paspor merupakan dokumen wajib yang diperlukan bagi penumpang yang bepergian sektor internasional, tanpa paspor penumpang tidak akan diperbolehkan pergi meninggalkan suatu Negara, dengan alasan apapun maupun paspor yang tidak memenuhi syarat seperti halnya masa berlaku kurang dari 6 (enam) bulan, tidak adanya lembar halaman yang kosong, maupun paspor yang memiliki bentuk fisik yang tidak layak, maka penumpang tidak akan di perbolehkan untuk bepergian. Karenanya, anda tidak di perkenankan untuk naik ke dalam pesawat tanpa memiliki paspor.

( KONDISI YANG TERJADI ADALAH KAMI SUDAH MELEWATI IMIGRASI DAN HANYA TINGGAL NAIK PESAWAT, MENURUT SAYA KEBIJAKAN YANG ANEH JIKA TIDAK BISA NAIK KEPESAWAT KARENA YANG PERLU KAMI URUS ADALAH IMIGRASI DIJAKARTA(KARENA KEHILANGAN PASPOR), BUKAN BERARTI KAMI HARUS MENGULANG LAGI MENGURUS IMIGARSI DISINGAPORE BAHKAN SAMPAI HARUS BUAT PASPOR EMERGENCY, SAYA RASA AIR ASIA KURANG BERPENGALAMANAN DALAM PENERBANGAN INTERNASIONAL SEHINGGA KEBIJAKAN – KEBIJAKANNYA YANG DIBUAT TIDAK RELEVAN DENGAN KEJADIAN YANG SESUNGGUHNYA )

Pihak kami tidak bertanggung jawab terhadap segala macam bentuk kehilangan apabila barang tersebut bukan merupakan bagasi yang di check-in kan, dan itu merupakan tanggung jawab penumpang.

( BUKANKAH ADA ASURANSI YANG MELINDUNGI PERJALANAN KAMI?KENAPA TIDAK KASIH SOLUSI KEPADA KAMI UNTUK MENGURUSNYA?)

Namun, sebagai bentuk rasa kepedulian kami, maka tim kami telah memutuskan untuk memberikan anda kompensasi berupa perubahan tiket anda tanpa dikenakan biaya. Perlu anda ketahui bahwa tiket yang sudah dikonfirmasi telah anda bayarkan, untuk pembatalan maupun apabila tiket tersebut tidak digunakan, maka tidak akan mendapatkan pengembalian uang yang telah dibayarkan, termasuk didalamnya untuk pembayaran produk kami (bagasi/ asuransi/makanan/dsb). Dan perubahan tanggal untuk tiket Air Asia dikenakan biaya perubahan dan biaya perbedaan harga, dan hanya dapat dilakukan sampai batas waktu sekurang - kurangnya dalam empat puluh delapan (48) jam sebelum waktu keberangkatan penerbangan yang dijadwalkan.

Perlu kami informasikan bahwa check-in counter kami terbuka 2 (dua) jam sebelum waktu keberangkatan pesawat yang dijadwalkan. Dan tutup empat puluh lima (45) menit sebelum waktu keberangkatan dijadwalkan counter *. Check-in tenggat waktu mungkin bervariasi pada bandara yang berbeda dan untuk penerbangan tertentu. Untuk nomor penerbangan diawali dengan AK, FD & QZ check-in counter ditutup 45 menit sebelum waktu keberangkatan., Untuk nomor penerbangan diawali dengan D7, check-in counter ditutup 60 menit sebelum waktu keberangkatan, dan waktu melapor pada pukul 14.00 tidaklah cukup untuk dapat naik pesawat yang memiliki jadwal keberangkatan pukul 14.25 waktu setempat, terlebih kami masih perlu melakukan perubahan reservasi pada tiket anda.
Demikianlah informasi yang dapat kami berikan. Sekali lagi perkenankanlah permintaan maaf kami atas ketidaknyamanan ini dan terima kasih atas perhatian anda.

( BUKAN PEDULI KALO TETAP MENGABAIKAN HAK – HAK YANG HARUSNYA DITERIMA KONSUMEN, BUKANNYA SUDAH ADA PERATURAN UNDANG – UNDANG UNTUK PENUMPANG YANG MENGALAMI DELAY? APA DARI AIR ASIA SUDAH MELAKUKAN TANGGUNG JAWABNYA DENGAN BENAR?SAYA RASA TIDAK BUKTINYA SAYA DIBIARKAN TERLANTAR, BAHKAN UNTUK MEMBALAS SURAT SAYA SAJA MASIH TIDAK DIBACA DENGAN BENAR, SAYA MENULISKAN PUKUL 14.55 BUKAN 14.25 DAN ITUPUN SAYA TULIS BUKAN SEKALI SAJA )

HARAP DIBACA
- Crew AIR ASIA memberikan opsi PENERBANGAN jam 14.55 ato pada malam hari jam 20.30.
- Crew air asia mengatakan bahwa jika kami tiba dibandara maka jam 14.00 maka kami bisa naik penerbangan jam 14.55
- Informasi penerbangan pukul 14.55 diberikan dari crew air asia karena waktu ini yang saya gunakan untuk mengurus paspor emergency di KBRI disingapore untuk mengurus paspor hilang, jikalau ada kesalahan informasi jam penerbangan maka sudah jelas crew air asia yang TIDAK TELITI.



Hormat Kami,

Reza F
Customer Care


( YANG MEMBALAS SURAT SAYA ADALAH REZA F, TIDAK MEMBERIKAN NAMA LENGKAP HANYA SINGKATAN SAJA, BAHKAN DALAM DASAR SURAT MENYURAT SAJA SUDAH TIDAK SOPAN, DAN MEMBERIKAN BALASAN SURAT YANG TIDAK MEMBERIKAN SOLUSI BAHKAN MEMBACA SURAT SAYA DENGAN ASAL SAJA TERBUKTI DARI SALAH MEMBACA PUKUL 14.55 MENJADI 14.25 )
Bukti-bukti (upload a file):
Tag (kata kunci posting anda)*:air asia, melanggar, mengecewakan, tidak perduli



Powered by EmailMeForm

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___


Powered by Suarakonsumen.co.cc